Terobosan Bupati Trenggalek, Jadikan Selatan Jawa Pusat Ekonomi Baru

Terobosan Bupati Trenggalek, Jadikan Selatan Jawa Pusat Ekonomi Baru

JAKARTA – Sebagai Kabupaten di ujung selatan Jawa Timur, Kabupaten Trenggalek memiliki karakteristik yang unik. Kondisi geografisnya berhadapan dengan Samudera Hindia namun juga dikepung oleh pegunungan. Kondisi itu membuat Bupati Trenggalek Emil Dardak harus memutar otak agar perekonomian daerahnya tergenjot.

Ditambah lagi kawasan selatan Jawa memang masih tertinggal secara ekonomi dan pembangunan ketimbang kawasan utara Jawa.
Hal itu disampaikan Emil dan Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin di forum diskusi Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) Angkatan VI. Nur Arifin sendiri ikut tergabung dalam peserta KBFP Angkatan VI.

“Kawasan selatan masih merupakan kantong kemiskinan terbesar di Jawa. Selama ini kegiatan ekonomi kita selalu orientasinya mengarah ke utara, kawasan selatan gak dianggap, tidak dibenahi,” beber Emil di Yello Hotel, Jumat (4/8).

Lantaran itu, selaku kepala daerah ia bertekad untuk menggenjot pembangunan ekonomi kawasan selatan Jawa, dan Trenggalek sebagai agregatornya.

Kepada peserta KBFP Angkatan VI, Emil berbagi pengalaman bagaimana dirinya tengah bekerja keras agar sumber-sumber perekonomian seperti pelabuhan dan bandara hadir di selatan Jawa Timur.

Ia menginisiasi beberapa kepala daerah di wilayah selatan Jawa untuk membuat rancangan pembangunan bandara baru, agar ketergantungan terhadap Surabaya sebagai pintu gerbang ekonomi Jawa Timur sedikit berkurang. Pembangunan bandara di kawasan Selatan Jawa menurut Emil akan mendongkrak secara maksimal perekonomian di wilayah pesisir Selatan, termasuk Trenggalek. Pada akhirnya, usulan pembangunan bandara disetujui oleh Presiden Jokowi.

Trenggalek sendiri akhirnya kebagian jatah untuk dibangun pelabuhan besar, yang nantinya menjadi sentral pertumbuhan ekonomi di kawasan selatan Jawa. Selama ini, pelabuhan di Laut Selatan tak kunjung dibangun lantaran memiliki ombak yang tinggi dan mitos Nyi Loro Kidul.

“Masih ada harapan besar bagi kawasan selatan. Pelabuhan harus dibangun. Karena ombaknya besar, kita bangun pelabuhan yang besar, meskipun membutuhkan biaya yang besar,” kata Emil.

Gagasan Emil lainya adalah Trenggalek bisa menopang dua pusat ekonomi di kawasan selatan, yakni Yogyakarta dan Malang. Dua kota besar ini jika jalur ekonominya disambungkan, maka daerah yang dilewati menuju dua kota ini akan ikut terbantu pertumbuhan ekonominya.

“Jalur yang terbangun selama ini kebanyakan lewat utara. Orang kalau mau ke Jogja lewat Solo, sehingga kawasan pesisir terlewatkan. Jalur ini yang kita coba ubah, agar ekonomi kawasan selatan, terutama Trenggalek ikut tergenjot,” tutupnya.

No Comments

Post A Comment